Lesson Learned from My China Trip

Sekedar sharing catatan perjalanan saya ke Beijing tempo hari.

1. Untuk jalan2, pastikan Anda mengunjungi: Great Wall, Forbidden City, Tienanmen Square, Summer Palace, Temple of Heaven, makam raja2 China (Ming Tomb), Olympic Stadium.

2. Bila masih ada waktu, mengunjungi pabrik sutra (silk factory) dan pabrik batu giok (jade factory) juga sangat recommended untuk dilakukan. Dengan berkunjung ke sini, kita akan tahu bedanya real silk dan jade dengan fakenya (ingat! Di China, telur aja bisa dipalsukan. Apalagi sutra dan giok). Dan di pabrik ini kita juga diberitahu mengenai tingkatan kualitasnya.

3. Untuk shopping, pastikan berkunjung ke Silk market (Xiushui) dan Pearl market (Hongqiao). Dua tempat ini adalah surganya berbelanja. Jangan lupa menawar habis2an di market ini. Dan jangan kaget bila di awal ditawarkan harga 5000 Yuan, dan transaksi berakhir dengan harga hanya 150 Yuan. Para penjual di sini sangat crazy dan agresif. Dan semua barang yang dibeli, harus dicek dengan teliti.

4. Bila ingin barang2 bagus dan mahal, spend waktu di Wangfujing street juga tidak ada salahnya. Cuma jangan kaget bila ternyata harganya sungguh mahal luar biasa. Saya paling senang belanja souvenir di sini. Karena belanja sepatu, pakaian, dll tidak terjangkau. Harganya ribuan yuan.

5. Selama di Beijing, saya kemana2 selalu naik taksi. Pernah sekali mencoba naik metro/subway, dan hanya cukup sekali itu saja. Sesaknya sungguh luar biasa. Dan saking gencarnya serbuan penumpang yang masuk ke dalam kereta, saya dan teman2 tidak bisa keluar di station yang kami rencanakan. Ujung2nya, naik taksi juga.

6. Pastikan di tas Anda ada kartu nama hotel yang bertuliskan nama hotel dan alamatnya dalam karakter China. Hampir semua supir taksi tak bisa berbahasa Inggris dan membaca karakter latin. Selain itu, bila ingin kemana2, jangan lupa minta resepsionis atau concierge hotel untuk menuliskan karakter China dari tempat yang ingin dituju. Kemudian tunjukkan karakter ini ke supir taksi yang membawa Anda. Otherwise, Anda akan lost dan belum tentu sampai di tempat tujuan.

7. Selama di China, sempatkan mencicipi berbagai macam masakan dari berbagai wilayah di China. Biasanya setiap wilayah, punya karakter masakan yang unik. Dan semuanya itu berbeda2 lezatnya. Saya paling suka masakan dari daerah Sichuan dan Xinjiang,

8. Jangan lupa mencicipi Peking duck yang sangat terkenal itu. Restaurant yang paling terkenal akan Peking duck ini dan beratus2 tahun diakui kelezatannya adalah: QuanJuDe restaurant. Tanya saja pada resepsionis hotel, mereka pasti tahu restoran ini.

9. Saya salut dengan kejujuran orang China. Peraturan dengan hukuman yang berat membuat angka kejahatan di sini rendah. Makanya saya merasa aman dan nyaman2 saja jalan kaki, naik taksi, dan kemana2 sendirian.

10. The last one, akan sangat membantu dan memberikan big difference bila Anda mempunya teman China yang bersedia menemani Anda kemana2 dan merekomendasikan restoran2 bersih, enak, dan terkenal di sana. Saya banyak dibantu oleh mereka.

Cheers,

~mamaMARE~

Gallery | This entry was posted in Tips, Travel Notes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s