10 Kebiasan Moms

Namanya juga kebiasaan Moms, jadi terkadang sadar atau tidak sadar para moms sudah seringkali melakukannya. Dan memang ini adalah sifat dasarnya moms. So, karenanya ada baiknya menyadari hal itu dan mulai merubahnya sedikit demi sedikit terlebih untuk suami tercinta dan keluarga.

Berikut 10 kebiasaan buruk yang lazim ada dalam berumah tangga :

1. Biang gosip

Gosip untuk isu-isu yang update adalah hal yang lumrah, namun hati-hati Moms karena terkadang suasana nyaman saat bergosip membuat Mommy kelewat batas menceritakan segala sesuatu tentang pasangan Mommy. Misalnya tentang ketidakpuasan Mommy terhadap suami, hal-hal remeh yang menggelikan namun membuat suami terlihat bodoh di depan yang lain. Menggosip berlebihan tentang tetangga yang jauh lebih ini dan itu, menceritakan tentang suami-suami dari Mommy yang lain yang kelihatan lebih baik juga merupakan hal yang buruk buat hubungan Mommy dan suami.

2. Mengeluh dan terus mengeluh

Dalam batas yang normal bukan sebuah masalah, terkadang memang banyak hal yang perlu dikeluhkan untuk sekedar curhat kepada suami. Tetapi jika itu menjadi sebuah kebiasaan, hampir setiap hari mengeluh tentang hal-hal kecil dan remeh, kemudian setiap kali mengobrol dengan suami berisi keluhan-keluhan Mommy, lama kelamaan akan membuat suami bosan dan memilih pergi daripada terus mendengarkan keluhan Mommy.

3. Budak fashion

Istri tampil cantik dan bergaya pasti menyenangkan suami. Tetapi jika tampil terlalu berlebihan, selalu ingin meniru fashion yang terbaru tanpa pilah-pilih sesuai kebutuhan Mommy juga bisa membuat suami jengkel. Lebih baik kembangkan kepercayaan diri Mommy dari dalam, sehingga apapun yang Mommy pakai, suami bisa melihat inner beauty Mommy.

4. Shopping berlebihan

Memang pada dasarnya banyak wanita suka untuk berbelanja dan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk shopping. Tapi, lebih baik jangan minta suami untuk menemani Mommy berjam-jam, karena kebanyakan suami tidak suka untuk melakukan hal itu. Membeli hal-hal yang tidak berguna, hanya karena Mommy tertarik dengan kemasannya dan pada akhirnya banyak barang yang tidak berguna, hanya sekali pakai saja. Hal tersebut selain menghabiskan uang juga bisa membuat suami geleng-geleng kepala dengan kebiasaan buruk yang satu ini.

5. Suka ikut campur permasalahan orang lain

Wah, untuk yang satu ini harus benar-benar hati-hati Moms. Tahu batas-batas apa yang tidak boleh dilanggar. Ada baiknya meminta pendapat dan nasehat suami jika ternyata ada masalah-masalah tertentu yang mengharuskan Mommy turut campur dalam permasalahan keluarga yang lain. Kalau tidak bisa menjadi masalah jika hal ini menjadi boomerang buat keluarga Mommy sendiri.

6. Merasa paling penting

Saat suami pulang ke rumah, Mommy merasa perhatian harus untuk Mommy. Mulai menceritakan segala keluhan Mommy tanpa mau tahu kelelahan suami. Mengeluh tentang banyak hal yang membuat Mommy serasa menjadi wanita paling malang di dunia ini. Terlebih lagi menelpon suami berkali-kali hanya karena masalah-masalah remeh yang bisa ditunda atau bisa diselesaikan dengan sendirinya. Hal-hal kecil seperti itu bisa membuat suami kehilangan kesabaran dan merasa bosan dengan Mommy.

7. Mengkritik dan mengancam

Menggunakan kata-kata kritikan yang pedas setiap kali suami mengutarakan opininya. Selalu tidak setuju dan tidak mau mengalah untuk menuruti keinginan suami. Pada akhirnya mengajukan ancaman-ancaman kepada suami jika sebuah keinginan tidak dituruti seperti ancaman bercerai, kembali kerumah orang tua, dan lain-lain. Hal ini akan sangat merusak keharmonisan hubungan mommy dengan suami. Lebih baik komunikasi yang baik, dan kata-kata pujian jika suami berhasil melakukan sesuatu. Mencoba ide-ide dari suami juga menunjukkan penghargaan Mommy kepadanya.

8. Bertindak seolah-olah suami bisa membaca pikiran Mommy

Yang ini mungkin sering terjadi, Mommy hanya diam saja dan berharap penuh suami bisa membaca pikiran Mommy dan tiba-tiba melakukan yang Mommy inginkan. Sekalipun pernikahan berjalan bertahun-tahun, tetap saja Moms ada hal-hal yang memang harus diutarakan secara langsung. Karena sebagian besar pria tidak mengerti dengan bahasa isyarat tanpa kata-kata dan tidak terlalu peka dengan perasaan seperti seorang wanita.

9. Cerewet berlebihan

Terlalu banyak bicara dan jarang mendengarkan suami, terlalu cemburu, sering mengungkit-ngungkit kesalahan masa lalu. Berbicara banyak hal bertele-tele dan tidak memberi ruang untuk suami berbicara.

10. Menumpahkan segala kesalahan pada suami

Nah, ini juga berbahaya Moms. Saat segala sesuatu berjalan tidak lancar cenderung melimpahkan segala kesalahan pada suami. Mommy tidak pernah mau tahu bagaimana caranya yang penting suami salah dan harus memperbaikinya. Hal ini bisa berujung pada pertengkaran, jika berlarut-larut berbahaya bagi rumah tangga Mommy.

Semoga artikel ini bisa membantu Mommy sedikit berevaluasi tentang diri Mommy. Tidak ada salahnya meminta pendapat suami secara langsung apa kekurangan Mommy, pasti dengan senang hati suami akan membantu. Tetapi Mommy harus dengan lapang dada menerima segala kritikan.

Adopted from: http://www.bettermomtoday.com/node/955

Gallery | This entry was posted in Tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s