Mengelola Uang dalam Perkawinan

Jangan tiru artis Katie Holmes dan aktor Tom Cruise yang bercerai. Begitu berpisah, pembagian uang menjadi perbincangan hangat. Sejak dini, ada baiknya soal harta ini sudah diatur dengan baik bersama pasangan Anda.

Berikut ini enam tips mengelola uang dalam perkawinan, seperti dikutip Forbes.

1. Hiduplah tanpa utang.

Tentu dalam hal ini kredit rumah merupakan pengecualian. Lunasi seluruh tagihan kartu kredit setiap bulan, jangan menunda sampai kena beban bunga.

2. Buatlah rekening terpisah dan rekening bersama.

Rekening bersama misalnya, tabungan ataupun investasi. Sedangkan untuk rekening kartu kredit sebaiknya dipisah, sehingga pemakaian bisa terkontrol. Begitu juga untuk tagihan pribadi, seperti telepon. Jadi kebebasan finansial juga bisa diterapkan dalam rumah tangga.

3. Kesepakatan dalam pembelian.

Buat kesepakatan tak tertulis, pembelian suatu barang dengan batas harga tertentu harus melalui kesepakatan. Apalagi untuk barang-barang di luar kebutuhan utama. Namun untuk pembelian barang di bawah harga kesepakatan, bisa kebijakan masing-masing.

4. Liburan bersama.

Buatlah jadwal liburan bersama keluarga sebagai agenda tahunan. Bisa lebih hemat. Biaya akan lebih mahal seandainya berlibur masing-masing, mungkin dengan teman-teman berbeda pula. Melakukan bersama keluarga dalam liburan, termasuk mengunjungi teman-teman bersama, selain lebih menyenangkan tentu biayanya lebih ringan dibanding yang sendiri tadi.

5. Kencan malam hari.

Pagi atau siang hari marupakan waktunya bekerja. Berkencan pada momentum seperti itu, artinya harus makan di restoran atau tempat jajanan lain. Tak lagi ada pilihan. Bayangkan jika kencan malam hari, tentu masih ada tawaran untuk makan di rumah atau masak bersama, mencoba bersaing dengan kualitas restoran. Apa salahnya?

6. Tetaplah menghasilkan.

Dinyatakan atau tidak, uang punya kekuatan dalam perkawinan. Karena memang tak ada yang gratis. Ketika pendapatan menurun, bisa jadi hubungan dengan pasangan akan bergeser. Penyebabnya bisa bukan material, melainkan psikologis. Jadi, membincangkan soal uang dalam perkawinan sangat penting, setidaknya untuk mengurangi stres.

Sumber : Uang dan Perkawinan: 6 Cara Sukses

Gallery | This entry was posted in Tips. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s